Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Monday, 22 April 2019

5 Kuliner Bali yang Pasti Kamu Suka

Bali adalah keindahan. Kalau kita mendengar kata Bali, maka yang terbersit adalah pantai-pantai yang indah, pura-pura yang menawan, budaya yang eksotis serta kuliner lezat yang mengundang selera.

Hingga saat ini belum ada yang menandingi pesona Bali dalam hal pariwisata di Indonesia. Karena itulah setiap hari banyak sekali wisatawan yang berbondong-bondong ke Bali. Baik wisatawan dalam negeri mau pun luar negeri. Bahkan bagi sebagian besar pelancong dari luar negeri, mereka mengenal Bali daripada Indonesia.

Saya pribadi sudah beberapa kali berkunjung ke Bali. Sewaktu darmawisata ketika SMA, study tour di bangku kuliah, serta piknik keluarga ketika sudah berkeluarga. Sudah 3 kali ya, dan masih pengen lagi loh haha tuman a.k.a nyandu rasanya.

Ngomongin tempat wisata terutama Bali, tidak bisa kalau tidak membahas dari sisi kulinernya. Bahkan ada lo yang ke Bali cuma pengen makan doang terus habis makan langsung balik lagi ke Jakarta. Iya sih, ini mah orang kaya beneran haha.

Ada beberapa kuliner Bali yang bener-bener bikin ketagihan.

1. Bebek dan Ayam Betutu


Bebek dan ayam betutu sudah paten kali ya kalau khas dari Bali. Belum ke Bali kalau belum mencicipi bebek dan ayam betutunya. Masakan bebek betutu ini khas masakan nusantara, full bumbu jadi rasanya spicy. Kalau kamu biasa makan dengan masakan berbumbu ringan, bakalan kaget ketika makan bebek betutu. Akan tetapi, gak butuh waktu lama kok untuk menyesuaikan lidah dengan masakan ini. Langsung deh lidah bergoyang karena memang lezat rasanya.

2. Nasi  Ayam Bu Mangku


Nasi Ayam Bu Mangku ini sudah diakui kelezatannya lo teman. Rasanya enak sekali. Nasi campur ini lauknya bermacam-macam, Sesuai selera kita. Misalnya yang saya pilih ini lawar ditambah sate lilit, daging dan telur bumbu. Nasinya disiram dengan kuah yang dasyat.  Kalau gak percaya ke sana sendiri deh ya hehe

3. Sate lilit

Sate lilit memang identik khas Bali ya. Sate yang gak perlu perjuangan untuk memakannya ini, karena cenderung lebih empuk daripada sate biasa, karena dibuat dari daging cincang  dicampur bumbu yang dibalurkan pada batang serai atau kadang dibalurkan pada batang bambu. Rasanya sedap banget.

Rempahnya kerasa banget jadi habis banyak deh nasinya. Jadi lupakan diet ya.

4. Pie Susu dan Kacang Disco

Dari semua makanan enak di Bali, jangan lupakan pie susu dan kacang disco yang bisa untuk cemilan di sana atau untuk buah tangan bagi kerabat.

Pie susunya crunchy banget kulitnya tapi berasa creamy isian tengahnya. Manisnya juga pas

Sedangkan kacang disconya, yang renyah dan tidak alot dengan pilihan rasa pedas atau original....... ah.... lupakan diet kita...

5. Lunpia potong.

Nihh.... satu lagi yang bikin saya terkesan. Makanan yang mungkin jarang dibahas, tapi menurutku ini enaaakkkk banget. Apalagi kalo bapak pedagangnya barusan datang. wuihhh....makanannya masih panas. Entah yang benar namanya apa, tapi saya menyebutnya lunpia potong
Jajanan ini terdiri dari lunpia (isinya toge dan wortel) yang dipotong-potong pakai gunting. Ditambah tahu goreng (dipotong-potong juga sih). Kemudian disiram dengan saus tauco. Aduhh... ini saya ngetiknya sambil ngiler loh......
Lunpia potong ini saya nikmati saat pagi di Pantai Sanur. Dijajakan oleh bapak atau ibu yang menyunggi kotak makanan (meletakkan di atas kepala).

Kalau kamu pengen traveling sekaligus icip-icip kuliner Bali di atas, cus kamu bisa pesan tiket pesawat ke Bali. Jangan lupa untuk cek kesediaannya karena walau destinasi ke Bali selalu ada penerbangan tapi karena ramai yang mau ke sana, jadi tiketnya sering habis.

Kejadian ini beneran terjadi sama teman saya lo, pikirnya karena tidak peak season dia santai saja tidak pesan jauh-jauh hari. Eh ndilalah semua penerbangan full, padahal dia ke Bali dalam rangka pekerjaan. Pusing gak tuh. Jadi jangan sampe ya kurang persiapan kalau mau ke Bali atau ke tempat lain. Jauh-jauh hari ceki-ceki tiket pesawatnya dan pesan langsung saja daripada ditunda malah nanti lupa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...