Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Friday, 28 December 2018

5 Fakta Dibalik Cara Gestun Traveloka Paylater yang Beresiko Tinggi




 foto:Pixabay
Pernah dengar istilah Gestun? Apakah kamu pernah ditawari untuk menggunakan jasa Gestun? Gestun, kependekan dari Gesek Tunai adalah istilah yang tak asing lagi di dunia kartu kredit. Istilah Gestun ini mengandung makna negatif yakni kegiatan menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan uang tunai. Misalnya saja dengan berpura-pura menggunakan kartu kredit tersebut untuk berbelanja. Namun pada kenyataannya, bukan barang yang diterima melainkan sejumlah uang tunai. Manipulasi ini dilakukan tak lain untuk mendapatkan uang tunai.
Saat ini, praktik Gestun menjadi bentuk penipuan yang sering terjadi pada aplikasi cicilan online. Salah satunya di layanan PayLater dari Traveloka. Nah, berkaitan dengan praktik Gestun di TravelokaPayLater, berikut 5 fakta yang harus kamu ketahui.
1.       Berpotensi Menimbulkan Kerugian di Masa Depan
Praktik Gestun Traveloka PayLater biasanya dilakukan oleh orang-orang yang menawarkan jasa Gestun  kepada pemilik akun Traveloka PayLater. Mereka akan menawarkan kepadamu penarikan uang tunai dari PayLater. Para pelaku jasa Gestun ini bahkan menawarkan pembuatan akun Traveloka PayLater baru. Mereka akan meminta data PII (Personally Identifiable Information) yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh orang lain.
Data PII yang merupakan data pribadi rahasia ini di kemudian hari bisa saja disalahgunakan oleh pelaku jasa Gestun tanpa sepengetahuanmu. Akibatnya, tentu saja kamulah yang akan dirugikan. Misalnya saja tindakan-tindakan penipuan yang dilakukan dengan menggunakan identitasmu. Karena itu, berhati-hatilah terhadap tawaran jasa Gestun!
foto:Rawpixel
2.       Melanggar Hukum!
Apapun cara Gestun Traveloka PayLater yang ditawarkan, tindakan tersebut termasuk tindakan yang melanggar hukum. Sebab layanan PayLater tidak menyediakan pilihan gesek tunai kepada para penggunanya, melainkan layanan cicilan untuk kebutuhan perjalanan. Lalu apa konsekuensinya?
Bagi akun Traveloka PayLater yang melakukan tindakan Gestun, maka akun tersebut akan diblokir oleh Traveloka. Selain itu, Pemerintah melalui Bank Indonesia melarang praktik Gestun dengan menerbitkan Peraturan Bank Indonesia No. 14/2/2012. Sanksi administratif dan tindakan tegas lainnya dari pihak yang berwenang akan dikenakan bagi merchant atau pelaku jasa Gestun.
3.       Sama Sekali Tak Aman
Tak ada jaminan pelaku jasa Gestun akan memberikan uang tunai kepadamu sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Bisa saja pelaku jasa Gestun menahan danamu. Buntutnya, tentu kamu yang harus membayar cicilan padahal pada kenyataannya tidak menerima dana apapun. Kamu pun akan mengalami kesulitan untuk mengajukan keluhan sebab tindakan Gestun adalah tindakan yang ilegal.
foto:Pastebin
4.       Fee Transaksi yang Menambah Beban
Ada beragam cara Gestun Traveloka PayLater yang ditawarkan oleh pelaku jasa Gestun. Misalnya saja sebuah transaksi dibuat seolah-olah kamu membeli produk di Traveloka dengan harga tertentu. Tetapi kamu tidak menerima atau menggunakan produk tersebut, melainkan sejumlah uang tunai.
Adapun uang tunai yang kamu terima tidaklah utuh senilai produk yang kamu beli. Sejumlah fee transaksi juga diminta oleh jasa Gestun sebagai imbalan. Jumlah free transaksi ini bervariasi, ada jasa Gestun yang meminta fee transaksi sebesar 5% dan ada pula yang lebih besar lagi. Tentunya fee transaksi ini akan menambah beban tagihanmu.
5.       Rawan Macet
Jika kamu melakukan praktik Gestun, maka bisa dipastikan kamu termasuk orang yang tak bertanggung jawab. Fungsi PayLater Traveloka yang seharusnya membantu mewujudkan rencana perjalananmu malah berubah menjadi utang untuk keperluan lainnya. Logikanya, jika kamu tak punya cukup uang tunai di bulan ini, lalu bagaimana kamu akan membayar tagihan hasil Gestun di bulan-bulan selanjutnya?
Karena itu jika praktik Gestun dilakukan, besar kemungkinan terjadi keterlambatan pembayaran. Tentu saja, kamu tak akan dipercaya lagi oleh Traveloka untuk menggunakan layanan PayLater. Dan tentunya, masalah keuangan yang kamu hadapi semakin berat pula. 
Itulah 5 fakta dibalik praktik Gestun Traveloka PayLater. Dengan fakta-fakta ini, sebaiknya kamu tidak tergiur untuk mencoba menggunakan jasa Gestun. Tolak dengan tegas tawaran jasa Gestun dan laporkan kepada pihak Traveloka agar bisa ditelusuri lebih lanjut.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...