Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Saturday, 21 April 2018

Sambal Khas Indonesia Buat Si Penyuka Pedas, Biar Makan Makin Puas




Bagi kebanyakan orang Indonesia, kalau nggak ada sambal di meja makan bukan makan namanya. Nggak heran jika para ibu dan pedagang makanan menjerit saat harga cabai naik hingga melebihi sekilo daging sapi. Walau bikin kepedasan dan perut panas, tapi hati rasanya puas mencicipi aneka sambal khas Nusantara, seperti berikut ini.
Sambal Matah
foto:wikipedia.org
Kalau ada promo tiket pesawat ke Bali, segera raih kesempatan itu sebelum kehabisan. Pasalnya, Pulau Dewata nggak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tapi juga kulinernya khasnya seperti sate lilit dan sambal matah.
Sambal khas Bali ini terasa segar karena semua bahan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan serai hanya dicincang kasar, lalu dicampur sedikit minyak kelapa. Rasanya yang segar dan pedas yang nendang bikin sambal ini makin ngehits dan menemani berbagai makanan, mulai dari mie goreng hingga keripik.
Sambal Roa
foto:sambalroack.blogspot.com
Dari Bali, lanjutkan petualangan kulinermu ke Manado yang memang terkenal dengan makanan super pedas. Salah satunya sambal roa yang dibuat dengan bahan utama ikan roa asap, yang memberikan aroma khas. Hati-hati ya, kalau sudah berhadapan dengan sambal roa dan nasi hangat, bisa-bisa program diet-mu jadi berantakan!
Sambal Lado Mudo
foto:dapurhue.blogspot.com
Buat penggemar nasi padang, pasti nggak asing lagi dengan penampakan sambal yang satu ini. Yup, sambal khas Minangkabau ini memang punya warna khas hijau segar, yang didapat dari penggunaan cabai hijau, bawang merah, dan tomat. Rasanya yang nggak terlalu pedas dianggap cocok banget bersanding dengan rendang atau gulai yang cukup bikin perut panas.
Sambal Bajak
foto:primarasa.co.id
Bergeser ke tanah Jawa, ada banyak sambal yang diciptakan untuk menambah nikmatnya bersantap. Salah satunya sambal bajak khas Semarang. Terbuat dari cabai, bawang merah, tomat, dan terasi yang dibakar terlebih dahulu. Tinggal diulek dan disajikan bersama ayam atau ikan goreng. Rasanya yang pedas manis cocok banget buat kamu yang nggak begitu doyan dengan sensasi yang menggigit.
Sambal Cibiuk

foto:blog.kulina.id
Nah, sambal yang satu ini merupakan favorit orang Sunda, tepatnya berasal dari garut. Dikenal karena rasanya yang sangat pedas, ulekannya pun nggak begitu halus, sehingga pas disandingkan dengan nasi panas, ikan goreng, dan lauk lainnya. Warnanya yang hijau segar didominasi oleh tomat hijau, cabe hijau, kemangi, terong bulat hijau, kencur, gula merah, bawang putih, terasi, dan air jeruk. Seuhah!
Sambal Andaliman
foto:vebma.com
Pas ada promo tiket pesawat, pas banget lagi ngidam sambal andaliman. Punya rasa khas yang peads menggigit ini jadi andalan warga Tapanuli yang dikenal sebagai suku Batak. Bahan yang menjadikan sambal ini berbeda dengan racikan pedas dari daerah lainnya adalah buah andaliman.
Bentuknya mirip merica tapi punya warna hijau dengan rasa asam yang menyengat. Dipadu dengan cabai rawir, kemiri, tomat, serai, bawang merah, dan jeruk nipis, sambal yang satu ini cocok banget dinikmati bersama ikan mujair goreng atau ikan mas panggang.
Jangan hanya mengulik keindahan tempat wisatanya saja, kuliner khas Indonesia, seperti sambal, juga wajib dinikmati langsung di daerah asalnya. Yuk, berburu promo tiket pesawat sekarang juga, semoga beruntung!


4 comments:

  1. Sambalnya menggoda lidahku nih, saya suka pedas

    ReplyDelete
  2. jadi pingin makan nasi padang...duh beneran deh, sebenarnya pingin nyobain semuanya. Tapi yang paling memungkinkan si nasi padang wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Mnggoda sekali sambalnya.. Apalagi sambal matahnya..

    ReplyDelete
  4. Aneka macam sambal Nusantara ya. Dulu saya pikir sambal ya gitu-gitu aja. Cabe diulek ya sambal. Kemudian baru tahu kalau beda bahan dan beda cara buat, beda juga namanya. Saya suka sambal matah :-)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...