Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Thursday, 8 March 2018

Resep Membuat Lemon Tea yang Enak dan Segar

Ada banyak jenis minuman favorite yang biasanya kita temukan di cafe-cafe atau warung makan (restoran). Salah satunya adalah lemon tea. Ngomong-ngomong soal lemon tea, saya sendiri adalah penyuka minuman segar yang satu ini. Saya menyukai rasa teh yang dicampurkan dengan lemon, yang memiliki cita rasa kecut-segar. Ketika berada di restaurant, tentu tidak sulit untuk memesan minuman ini. Tapi, ketika sedang berada di rumah dan malas keluar,  mau tidak mau, kita harus membuat sendiri.



Terbiasa membuat minuman ini membuat saya sedikit-banyak tahu resep membuat lemon tea yang enak dan segar. Kunci dari keseimbangan rasa sebuah minuman terletak pada takaran bahan-bahan yang kita gunakan.


Resep lemon tea segar dan enak

Lemon tea adalah jenis minuman yang bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. Sama seperti minuman lainnya, dingin atau hangat, semuanya tergantung selera masing-masing.


Sesuai namanya, yang paling pas untuk membuat minuman ini adalah dengan menggunakan buah lemon. Bagi kamu yang kesulitan menemukan buah lemon, kamu bisa menggantinya dengan jeruk nipis.
  • Iris lemon menjadi 2 bagian kemudian peras. Ambil jus lemon kurang lebih 2 sendok makan, dan masukkan ke dalam gelas.

  • Di tempat terpisah, sediakan 200 ml air sulingan untuk merebus 1 sdm daun teh yang tidak ditambahkan aroma lain, agar tidak mengganggu cita rasa dan aroma lemon tea yang dihasilkan. Karena, ada beberapa jenis teh yang telah ditambahkan aroma tertentu, seperti aroma melati atau yang lainnya.

  • Setelah mendidih, saring hasil rebusan teh tersebut dan masukkan ke dalam gelas sebanyak kurang lebih 180 ml.

  • Tambahkan gula batu atau pemanis sesuai selera. Saya pribadi lebih suka menggunakan pemanis alami seperti madu. Karena selain lebih aman untuk kesehatan, aroma madu juga bisa memperkaya wangi dan cita rasa lemon tea yang kita buat.

  • Kalo kamu lebih suka yang dingin (es lemon tea), maka jumlah air teh yang dimasukkan sebaiknya tidak lebih lebih 160 ml. Setelah direbus dinginkan terlebih dahulu. Sisanya, kamu bisa memasukkan es batu untuk memenuhi gelas.

  • Setelah itu, aduk hingga bahan tercampur semua, lalu nikmati.


Tips menambah cita rasa lemon tea

Kalau sebelumnya saya menyarankan kamu menggunakan madu sebagai pemanis sekaligus untuk memperkaya aroma, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lainnya untuk menambah cita rasa maupun aroma lemon tea yang akan kamu buat. Berikut adalah pilihan bahan alami lainnya yang umum digunakan untuk campuran lemon tea.

  • Serai. Kalau kamu tertarik menambahkan serai ke dalam lemon tea, kamu hanya perlu menyediakan 1/2 batang saja; Rebuslah bersama-sama dengan teh. Resep ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir rasa dingin sekaligus sebagai obat batuk alami.
  • Resep lemon tea squash. Ini adalah resep kekinian yang juga bisa kamu coba. Bahan tambahan yang kamu butuhkan adalah soda tawar. Agar cita rasanya enak dan pas, jumlah soda yang kita butuhkan untuk membuat 200 ml lemon tea kurleb 50 ml.


6 comments:

  1. Aku biasanya ikin lemon tea campur serai pas batuk melanda ata tenggorokan terasa gatel. Wuiiih enaaak...lega di tenggorokan. Kalau nggak pas batuk, bikin lemon tea dicampur es batu. Segeeer

    ReplyDelete
  2. Asyik asyik, punya istri bisa buat ginian bis plg kerja enak kayanya...
    Aamiin, thanks yach, bisa juga nie buat resep jualan....

    ReplyDelete
  3. tipsnya sanagt membantu sekali, harus di coba dong ini mh hhehehe

    ReplyDelete
  4. Tipsnya mantep eui, iya seger menikmati lemon tea.

    ReplyDelete
  5. Kalo lemon tea jahe enak ga ya mbak? Sama lemon tea sereh sedep mana ya?

    ReplyDelete
  6. Kalo lemon tea jahe enak ga ya mbak? Sama lemon tea sereh sedep mana ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...