Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Monday, 12 March 2018

Meninjau Lebih dalam Pesona Tas Wanita Lokal

Tas wanita tak sudah menjadi bagian penting dari fashion kaum wanita masa kini. Fakta tersebut tak lain merupakan hasil dari kreatifitas serta inovasi para pengrajin. 

4 Industri kreatif yang semakin menguntungkan di era digital
Peran teknologi guna mendukung perkembangan industri kreatif juga tak kalah besar. Para pengrajin sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam keseharian mereka, seperti mencari referensi, promosi, bahkan memasarkan produknya. Seperti 4 jenis industri kreatif berikut:

   Pariwisata. Indonesia diberkati dengan pemandangan alam yang sangat indah nan menawan. Hal tersebut sudah pasti tak dapat disangkal. Sebut saja Bali atau Raja Ampat. Hampir setiap orang di belahan dunia manapun tau nama kedua daerah tersebut. Padahal, masih banyak potensi daerah lain di Indonesia yang belum dikenalkan.


   Seni dan budaya. Daya tarik sebuah tempat wisata tak hanya datang dari alam. Kebudayaan serta seni yang berkembang di suatu daerah, terbukti mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional. Seperti pada tahun 2017 lalu, ketika kota Banyuwangi menghadirkan 72 event festival kebudayaan mereka dan sukses membuat wisatawan berbondong-bondong melihatnya.

   Kuliner khas. Pergi berwisata, rasanya pasti akan kurang lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas daerah wisata tersebut. Di mana Indonesia, lagi-lagi sangat terkenal dengan ragam kuliner khasnya. Hampir setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri. Contoh saja, siapa yang tak mengenal dodol Garut? Atau bakpia Atom yang kini tengah hits sebagai kuliner khas Cirebon.

  Kerajinan tangan. Tujuan utama dari kegiatan pariwisata ialah untuk menghilangkan penat pada pikiran (refreshing), atau mempelajari suatu kebudayaan (termasuk kuliner khas). Bila kedua hal tersebut telah tercapai, maka sebagai pelengkapnya ialah oleh-oleh. Sebuah benda unik yang dapat mengingatkan kita pada kenangan wisata tersebut. Kerajinan tangan hasil kreasi masyarakat setempat adalah pilihan terbaik. Benda unik tersebut bisa berupa aksesoris kecil, hiasan lucu, atau barang yang dapat digunakan seperti baju dan tas.


Wanita ini capai kebebasan finansial berkat memproduksi tas wanita unik batik kombinasi kulit

Model tas wanita terbaru 2018, saat ini sangat beragam. Terutama tas berbahan batik dan kulit. Desain serta variasi item favorit wanita ini berkembang sangat pesat di pasaran. Namun hal tersebut tak lantas menciutkan niat Susi untuk memproduksi produknya sendiri.

Susi menyebutkan bahwa awal mula dia tertarik memulai bisnis ini, ialah karena melihat potensi kain batik. Kain khas Nusantara ini memang tak dapat dipungkiri soal unsur keindahan dan daya pikatnya. Dia mulai iseng mengkombinasikan kain batik dengan kulit untuk membuat tas wanita dan melabelinya dengan nama Java Ume. Kain batik yang biasa digunakan Susi biasanya ialah batik tulis dari Yogyakarta, Madura, dan Cirebon. Selain batik, dia juga menggunakan berbagai macam kain tenun yang berasal dari Bali, Lombok, dan Jepara. Sementara untuk pasokan kulit, Susi memilih jenis kulit sapi dan domba dari supplier di Jakarta.

Saat ini Java Ume sudah memperkerjakan sekitar 10 orang karyawan dengan omzet mencapai Rp 100 juta per tahun. Tak berhenti sampai di situ, Susi juga sedang mengusahakan untuk menjalin kerjasama dengan seorang partner di Italia dan Rusia.


Mampu bikin tas wanita handmade, tapi bingung cara memasarkannya?

Kesuksesan kisah Java Ume hingga bisa sampai pada posisi saat ini, tak bisa dibilang mudah. Mereka juga pernah berjuang guna menghadapi permasalahan klasik industri kreatif baru, yaitu bidang pemasaran. Beberapa trik di bawah ini mungkin bisa diterapkan:

    Berikan sentuhan eksklusif. Produk lokal masih sering dipandang remeh oleh sebagian orang. Terlebih bila produk tersebut masih sangat baru. Oleh karena itu, sentuhan eksklusif ini penting. Misal dari bentuk kemasan yang menarik dan unik.

    Buka sistem pre-order. Sistem pre-order memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan barang secara khusus kepada pengrajin. Sistem ini juga banyak diterapkan oleh pelaku bisnis untuk lebih mengenal lagi pelanggan mereka.

   Gunakan website. Website sebagai tempat pemasaran produk, sudah menjadi kewajiban utama bagi setiap pengrajin masa kini termasuk tas wanita. Untuk memiliki sebuah website atau toko online pun sudah tak sesukar dulu. Di Indonesia sendiri, sudah banyak marketplace besar bermunculan. Qlapa.com adalah salah satu diantaranya.

Ecommerce yang mendukung pengrajin tas wanita unik dan handmade asli Indonesia

Qlapa merupakan situs marketplace online khusus untuk produk handmade buatan para pengrajin asal Indonesia. Melalui situs tersebut, para calon pembeli akan menemukan ribuan produk unik hasil karya anak bangsa. Termasuk salah satu diantaranya adalah aneka model tas wanita berdesain elegan dan unik.

Sebutan rumah bagi produk kerajinan tangan lokal terasa tak terlalu berlebihan. Pasalnya, semua produk yang tampil di situs ini diambil langsung dari tangan pengrajin. Jadi, harga yang ditawarkan pun akan sangat terjangkau. Kendati demikian, tak semua barang bisa begitu saja tampil di dalam situs. Barang tersebut harus melalui kurasi dengan standar tinggi terlebih dahulu untuk menjamin kualitasnya. Mulai dari bahan, model, hingga orisinalitas merk. Situs ini juga menyediakan fitur untuk kustomisasi barang sesuai keinginan pelanggan. Benar-benar serasa seperti rumah produk kerajinan lokal bukan?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...