Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Thursday, 15 March 2018

7 Fungsi Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman multifungsi karena bisa dimanfaatkan sebagai obat (dalam/luar), terapi, hingga untuk kencatikan. Khusus di bidang kesehatan, setidaknya ada 7 fungsi lidah buaya untuk kesehatan yang banyak dikenal, diantaranya adalah:



  • Untuk meningkatkan sistem imun. Sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat jika kita mengkonsumsi lidah buaya. Karena tanaman ini bisa membantu tubuh dalam menyerap mineral maupun vitamin yang berasal dari makanan makanan yang kita konsumsi.
  • Bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Mulut adalah pintu gerbang tubuh kita. Jika mulut tidak sehat karena jarang dirawat dan tidak rutin dibersihkan, maka tubuh akan jadi mudah sakit. Karena bakteri yang ada di mulut bisa ikut tertelan bersama makanan. Untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi, Anda bisa memanfaatkan aloe vera sebagai obat kumur. Karena di dalamnya terkandung chlorhexidine, yaitu sejenis obat antiseptik (antimikroba).
  • Bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain lemon, aloe vera dianggap sebagai salah satu tumbuhan yang efektif untuk mengeluarkan racun atau limbah dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  • Baik untuk kesehatan kardiovaskular. Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung dan menjaga kelancaran peredaran darah di dalam tubuh, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman ini. Karena tanaman ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan difusi sel darah merah dan transportasi oksigen.
  • Banyak mengandung asam amino. Tubuh manusia tidak mampu memproduksi asam amino sendiri. Padahal, tubuh kita sangat membutuhkannya untuk melakukan fungsi biologis dan kimia. Untuk memenuhi kebutuhan asam amino, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam amino, salah satunya adalah tanaman lidah buaya.
  • Untuk mengatasi obesitas atau mempertahankan berat badan ideal. Tanaman ini banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, tanaman ini juga banyak mengandung serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan, mengurangi resiko kanker usus, dan bisa membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Itulah sebabnya mengapa lidah buaya efektif apabila digunakan untuk menurunkan berat badan atau untuk mempertahankan berat badan ideal.
  • Membantu mengatasi iritasi. Apabila Anda mengalami radang, psoriasis, eksim, atau rosacea, Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk mengatasinya.


Tanaman ini bisa di manfaatkan sebagai obat luar maupun untuk dikonsumsi. Bagian yang diambil adalah bagian daging kelopak daunnya atau gel-nya. Ada bermacam-macam resep olahan lidah buaya yang bisa Anda coba seperti: dibuat menjadi dawet, dibuat menjadi minuman segar seperti nata de aloe vera, ada juga yang mengolahnya menjadi kerupuk, sirup, dodol, selai, manisan, serta permen dan puding.


Sediakan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

Tanaman lidah buaya
Kapur sirih
Garam
Gula pasir

Cara membuat:

Cuci bersih kelompok tanaman lidah buaya kemudian kupas dan ambil dagingnya (potong dadu)
  1. Rendam setengah bagian (dadu lidah buaya) dengan air garam selama 20 menit. Lalu tiriskan
  2. Rendam dengan air kapur selama kurang lebih 2 jam. Lalu tiriskan
  3. Kemudian, bilas dengan air biasa
  4. Rebus setengah bagian (lidah buaya) dan tambahkan pemanis atau gula serta aroma yang Anda sukai. Ini adalah proses membuat sirup lidah buaya
  5. Setelah sirup matang, masukkan sisa-sisa potongan tanaman lidah buaya tersebut ke dalam sirup, dan diamkan mendidih beberapa saat.
  6. Setelah itu, matikan api dan dinginkan.
  7. Terakhir, masukkan ke dalam kemasan dan tutup.


29 comments:

  1. Lidah buaya memang banyak banget manfaatnya ya. Kadang aku pakai buat masker rambut.

    ReplyDelete
  2. Banyak banget ya manfaat lidah buaya ini. Pengen menanam di halaman rumah.

    ReplyDelete
  3. Pontianak biasanya minuman khasnya nata de Aloe Vera ini mbak

    ReplyDelete
  4. Lidah buaya emang banyak banget manfaatnya.
    Dulu di rumah lama sempat tanam lidah buaya, cuma semenjak pindah ke rumah yang baru udah gak ada lagi :D

    ReplyDelete
  5. waahh terimakasih, selama ini bingung gimana cara ngilangin rasa getir dan paitnya lidah buaya, saya suka nemu lidah buaya lonjoran yang besar-besar di Superindo tapi gak ngerti cara ngolahnya.

    ReplyDelete
  6. Suka pake lidah buaya untuk rambut, ternyata byk ya manfaatnya

    ReplyDelete
  7. Banyak manfaatnya, lidah buaya ini memang khasiatnya beragam ya. Suka buat rambut sama saat kena luka panas.

    ReplyDelete
  8. Banyak sekalinya manfaat dari lidah buaya ini.

    ReplyDelete
  9. baru tahu kalo aloe vera bisa buat obat kumur juga. kirain cuma buat menyuburkan rambut, hehe

    ReplyDelete
  10. Beberapa kali minum lidah buaya, rasanya adem, seger. Makasih ya telah berbagi manfaatnya. Jadi tambah mantap nih mengonsumsinya.

    ReplyDelete
  11. Di rumah ibuku dulu lidah buaya besar-besar banget aku sering pakai untuk rambutku, dan akhirnya rambutku teball menyebalkan.

    ReplyDelete
  12. wah banyak juga ya kegunaan dari lidah buaya ini, dan pengolahnya tersaji disini, jadi pengen coba buat

    ReplyDelete
  13. Lidah buaya memang banyak sekali manfaatnya, dulu aku suka pake lidah buaya untuk merawat rambutku.

    ReplyDelete
  14. Aku pernah manfaatin lidah buaya sebatas buat rambut aja mb.. yang lain2 belum


    ReplyDelete
  15. Belum pernah aku mba klo masak sendiri...tapi pernah dibawain teman oleh-oleh dari pontianak, bentuknya dibikin kayak permen itu...enak.

    ReplyDelete
  16. Ga tau kalo lidah buaya bisa di makan :D
    dlu ibu saya pake buat jadi penyubur rambut :D

    ReplyDelete
  17. Manfaat dari lidah buaya memang bnyak, dulu temanku suka beli lidah buaya buat rambutnya..

    Aku mah pake sampo saja

    ReplyDelete
  18. lidah buaya banyak terdapat di depan rumahku Neng, karna memang sengaja untuk menambah kesan bahwa kita sangat mencintai lingkungan hidup, dan ternyata benar lidah buaya ini banyak menyimpan beberapa manfaat buat kesehatan tubuh manusia ya...

    ReplyDelete
  19. Lidah buaya ini memang mltifungsinya..

    ReplyDelete
  20. bisa juga dijadikan keripik tuh, keripik lidah buaya :"D

    ReplyDelete
  21. bener banget kak,, aku pernah liat kakak saya yang agak sering bermasalah sama perutnya, kaya suka buang air besar atau magg dll biasanya dia bikin lidah buaya dijadiin sarapan pagi.. tapi katanya enak ke perut jadi dingin..mau coba ah,, tapi kok takut mual ya nyobanya hehe

    ReplyDelete
  22. lidah buaya memang banyak ya manfaatnya, terlebih untuk kesehatan. Udah gitu untuk nanamnya juga aku rasa mudah, soalnya ibuku punya di rumah..he

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat banget ya, saya belum pernah cobain jus lidah buaya. Belum tahu di mana yang enak. Kalo bikin sendiri, masih ragu2 soalnya biasana dulu pake di rambut, membayangkannya bikin sendiri gimana gitu :D

    ReplyDelete
  24. Percaya deh, kalau Lidah Buaya itu sejuta manfaatnya. Dari kecil aku suka pakai di rambut supaya adem mba. :D

    ReplyDelete
  25. Aku juga pernah makan lidah buaya, cuman kukasi perasan jeruk nipis dikit, setelah itu kudinginin dulu di kulkas,baru dimakan.

    Perlu kucobain nih resep nata de coco aloe vera nya.
    Terimakasih infonya,kak.

    ReplyDelete
  26. Paling suka kalau dibuat manisan. Karena dasarnya saya suka yang manis manis. Boleh juga dicoba nih nata de aloe vera nya

    ReplyDelete
  27. Ternyata banyak manfaatnya ya.
    Padahal sebelumnya aku taunya cuma buat rambut doang tuh lidah buaya

    ReplyDelete
  28. Sekarang yang lagi hits kan skincare dari lidah buaya yak. Padahl fungsi lainnya banyak

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...