Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Monday, 29 January 2018

Resep Daging Masak Brokoli

Resep Daging Masak Brokoli. Weekend itu ibaratnya hari istimewa dalam seminggu, para ibu pasti berusaha menyajikan masakan istimewa karena semua anggota keluarga berkumpul pada saat itu. Nah, kadang para ibu juga mumet, mau masak apa hari. Ya kan? Sama lah kita haha.

Weekend kemarin, saya memang bermaksud memasak makanan berbahan utama daging. Yah, memasak daging ini menurut saya susah-susah gampang. Daging sendiri Cuma dibumbui sedikit saja rasanya sudah enak karena memeang bahan dasarnya sudah spesial, tapi kalau masak yang itu-itu aja kok ya bosen ya. Mau eksperimen resep yang agak ‘sulit’ juga takut, takutnya nanti tidak sesuai bayangan hasil masakannya. Sayang banget kan mana mahal lagi harga daging #pentinginimah.

Akhirnya saya memutuskan memasak resep daging masak brokoli. Brokoli ini juga istimewa karena kandungan vitaminnya banyak jadi penyajian juga harus hati-hati supaya tidak merusak rasa, penampilan mau pun kandungan gizinya.



Bahan:
250 gram   Daging sapi, iris tipis
1 buah        Brokoli, rendam air garam, cuci bersih, potong per kuntum (sesuai selera)
3 siung       Bawang putih, cincang
1/2 buah     bawang bombay
1 sachet      saus tomat (biasanya dapat dari beli burger atau ayam goreng tepung) :D
3 sdm         saus tiram
1 sdt           merica hitam bubuk, (tapi saya pakai yang putih, blm sempat beli merica hitam)
1 sdm         kecap asin premium
1/4 gelas    air putih
1 sdm         tepung maizena (encerkan dengan 3 sdm air)
Garam dan gula pasir secukupnya


Cara membuat :

1. Rebus brokoli yang sudah kita potong hingga lunak, angkat dan tiriskan. Tata brokoli di atas piring saji. Lebih bagus lagi kalo brokoli dikukus, baik rasa mau pun kandungan vitamin yang bergizi akan tetap terjaga.
2. Siapkan wajan, beri minyak secukupnya (kira2 cukup untuk menggoreng daging), bila minyak sudah panas, masukkan daging yang sudah diiris tipis. Kira-kira 1 menit, angkat, tiriskan dan sisihkan (fungsi menggoreng daging ini adalah untuk mengunci rasa daging sapi tersebut)
3. Panaskan wajan, beri 2-3 sdm minyak bekas menggoreng daging tadi), tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawanng putih. Tumis terus hingga harum.
4. Masukkan daging sapi, air 1/4 gelas, saus tiram, kecap asin, garam, gula, merica, saus tomat.
5. Masak terus hingga aroma sedapnya keluar. Koreksi rasa.
6. Masukkan larutan tepung maizena, aduk terus hingga mengental
7. Angkat dan siramkan diatas brokoli yang sudah disiapkan tadi.

Resep ini simpel, masaknya mudah dan pasti enak serta bergizi. Selamat mencoba



34 comments:

  1. waaah menarik banget resepnya kapan kapan akan aku coba yah !!! nnti aku tag hihih

    sabrinamaida.com

    ReplyDelete
  2. pas banget, kemarin weekend beli daging belum diolah

    ReplyDelete
  3. Info Terbaru !!

    Ayo ikuti Kontes Seo dan menangkan hadiahnya dengan total uang 30juta rupiah.
    Tunggu apa lagi ? Segera daftarkan diri anda dan raih hadiahnya !!

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 7 Mei 2018
    Hadian akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Info lebih lanjut silahkan hubungi kami di : seoitu99@gmail.com
    Bisa juga kunjungi : http://www.itu99.host/kontes/


    Syarat dan Ketentuan Berlaku !!

    ReplyDelete
  4. bener banget saos biasanya dapat dari beli burger atau pizza kukumpulin, kalau udah lama ya kubuang, kalau pas masak yang butuh saos dan saosnya baru didapat, dipakai. Makasih banyak resepnya Mbak, anak-anakku lagi doyan banget makan brokoli

    ReplyDelete
  5. mba resepnya mirip banget sama resep mamaku! makin tipis dagingnya malah makin enak. kalo aku malah brokolinya habis direbus, tak campurin langsung ke dagingnya, ditumis sebentar baru disajikan. cuma vitaminnya jadi kurang kan karena kelamaan dimasak

    ReplyDelete
  6. Fotonya menggoda meskipun presentasi brokolinya kayaknya kurang deh kalau menurut saya.

    ReplyDelete
  7. ini mantap.. merica hitam nya itu lho.. menggugah selera banget!

    ReplyDelete
  8. Ya Allah, ini enak banget. Kalau pas prasmanan ada ini aku bahagia.

    ReplyDelete
  9. Sial.
    aku ga bisa masak.
    MAu sesimpel apapun resepnya tetep aja susah wkwk.
    Aku mau makanya aja deh.

    ReplyDelete
  10. Simpel banget ya, pengen nyobain apalagi sekarang ada Saori lada hitam, hihi

    ReplyDelete
  11. Enaaak bangeeeet.... kirim ke sini dong mbak. Hehe, barisan emak-emak doyan makan nggak doyan masak nih eike :D

    ReplyDelete
  12. Enak enak enak .... jadi lapar lagi, deh padahal sudah sarapan hehehe

    ReplyDelete
  13. Kalau dagingnya di goreng apa nggak alot mba? tfs resepnya ya

    ReplyDelete
  14. istimewa sekali... anak kosan kayak saya mah dagingx dikit aja.. brokolinya banyakin.. haha

    ReplyDelete
  15. Eh jadi tahu deh saya, ternyata cara memasak brokoli itu lebih baik dikukus ya supaya vitaminnya tetap terjaga. Brokoli memang agak mahal ya tapi dengan kandungan vitaminnya saya rela deh membelinya. Apalagi ditemani sama daging sapi, hmmm.. nafsu makan langsung naik nih mbak hehe..

    ReplyDelete
  16. aku suka brokoli dan daging, nah tapi klo anak2 suka males makan brokoli. Alhasil dihancurin dulu baru deh disuapin :D

    ReplyDelete
  17. perutku siap diisi sama brokoli daging ini hahaha...

    ReplyDelete
  18. Kayaknya enak ini buat mpasu si adek, dia doyan daging sapi. Tinggal diminusin yg ngandung gula garem :D makasih resepnyaa

    ReplyDelete
  19. Suami saya gak suka sayuran jadi kalau saya bikin masakan ini pasti dagingnya yang habis duluan, brokoli disisain wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Jadi laper liat masakannya mbak.
    Menggugah selera banget.

    ReplyDelete
  21. Lihat saja saya sudah pengen makab, apalagi masak. Baunya saja pasti sudah menggoda iman.

    ReplyDelete
  22. Hehehe kayaknya gampang ya mba kalau lihat bumbu nya,, tapi sepertinya aku mau coba.. cuman takut aja daging nya alot hiikkss

    ReplyDelete
  23. Bisa dicoba
    Tp saya suka brokoli yg langsung tumis, setengah matang

    ReplyDelete
  24. Kebetulan aku nggak begitu suka dg brokoli kl di sop. Tp ini dimasak dengan daging sapi. Uwwh, jadi pengin nyobain

    ReplyDelete
  25. Wah menariik. Bisa dicoba. Bisa divariasi dg daging ayam gak mbak? Daging sapi kan mehong hehehhe

    ReplyDelete
  26. Mantap nih mba resepnya.. ada kolaborasi antara daging sapi yang sedap sama brokoli yang segar, hehe..

    ReplyDelete
  27. baru tahu rahasia brokolinya kenapa kok tetap ijo, gitu...ternyata cuma dikukus aja, lalu disiram tumisan daging. Kirain ikut di tumis juga hihihi. Kalau aku lebih suka brokoli setengah matang, yang agak kriuk kriuk gitu...

    ReplyDelete
  28. Jadi inget masih punya daging di freezer

    ReplyDelete
  29. Hmm, jadi laper berat kebayang foto masakannya 😉

    ReplyDelete
  30. Enak banget nih, ayam campur brokoli.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...