Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Friday, 6 October 2017

Lodeh Tongkol Jember




Membaca judulnya, mungkin banyak yang heran. Lodeh tapi kok tongkol. hehehee
Jadi begini..... alkisah..... saat mudik Lebaran, kami berkunjung ke rumah salah satu bulik kami di Kabupaten Jember.
Kami dijamu makan siang. Menunya adalah masakan semacam kuah lodeh tapi dalamnya ikan tongkol. Rasanya luar biasa. Perpaduan antara gurih dan asem dan segar. (Rasa asam ini bukan didapat dari asam jawa loh..... tapi dari tomat/belimbing wuluh)

Suami tercinta juga sangat menikmati masakan tsb. Ikan tongkolnya tidak bikin gatal di lidah (kadang-kadang ada yang bikin gatal di lidah).

Konon, ikan tongkol dari laut selatan lebih enak dan tidak bikin alergi. Mungkin karena di laut selatan lebih bersih ya. :D


Balik lagi ke masakan Lodeh Tongkol Jember ini, mengingat jarak dari Semarang ke Jember sangat jauh, dan untuk mengantisipasi keinginan makan lodeh tongkol ini, (gak mungkin dong langsung cuz ke Jember tanpa planning matang)
maka, ditemukan satu solusi. Apakah itu???
Tentu saja langsung berguru resep ke bulik tercinta. :D

Menurut Bulik, masakan ini bisa menggunakan santan, bisa juga tanpa santan. Rasanya sama-sama seger.

Yuk.... kita langsung cuz....

Bahan:

1 ekor ikan tongkol segar
3 helai kacang panjang, potong 5 cm
2 buah tahu, potong 4 bagian, goreng setengah matang
3 cm    jahe
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
3 gelas santan
1 buah tomat / 3 buah blimbing wuluh
5 buah cabai rawit setan
Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu Halus :

5 butir bawang putih
5 siung bawang merah
3 butir kemiri


Cara Membuat:

1. Bersihkan ikan tongkol, potong beberapa bagian. Goreng setengah matang.
2. Tumis bumbu halus, masukkan jahe, daun jeruk dan daun salam. kemudian masukkan santan.
3. Setelah santan mendidih, masukkan cabai, kacang panjang, tahu yang sudah digoreng setengah matang dan ikan tongkol. (jangan lupa untuk mengaduk terus ya agar santan tidak pecah)
4. Masak terus hingga aroma ikan tongkol dan bumbu-bumbu berpadu yang menimbulkan rasa ingin makan seketika. (eaa......bahasanya....)
5. Masukkan tomat, garam dan gula pasir.
6. Koreksi rasanya, jangan matikan api bila sudah selesai.




Nah... Lodeh Tongkol Jember yang sederhana ini bisa dinikmati dengan sebakul nasi hangat dan sekaleng krupuk terung (#eh....)

Selamat mencoba.....

7 comments:

  1. Duh enak banget kesini isi nya menu masakan semua.. Cocok buat aku yang lagi belajar masak buat baby ku nih mba.. Semoga kita bisa saling silaturahmi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, kami juga masih selalu belajar membuat hidangan untuk keluarga.
      Makasih kunjungannya....:)

      Delete
  2. Enak kayaknya nih mba, kalo tinggal makan, hehe

    ReplyDelete
  3. mantapss..
    baru tau, ikan tongkol bisa di lodeh..
    Innovatif.. hehe

    ReplyDelete
  4. Itu dg digoreng setengah mateng bakalan nenghilangkan amisnya ga ya ? Inovatif mba respnya ga monoton

    ReplyDelete
  5. Pas banget baru beli tongkol, saya coba ah resepnya ya mba

    ReplyDelete
  6. Aissshhh resepnya mantap mbak, sangat cocok buat para perempuan yang suka masak dan ingin memasak ikan tongkol. Nyummy

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...