Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Friday, 28 April 2017

Resep Udang Bakar Madu

Long weekend besok pada mau kemana nih? 

Saya belum ada rencana juga sih mau jalan kemana, lihat kondisi kantong dulu nih haha. Kalau sehat ayuk aja :D Yang pasti kalau gak kemana-mana harus siap-siap menu yang bermacam-macam di rumah, supaya gak bosen ya. Ada satu menu andalan yang masuk kriteria resep makanan enak menurut saya. Yaitu, resep udang bakar madu.

Satu porsi udang bakar madu ini termasuk mahal banget. Minimal 80 ribu rupiah padahal udangnya cuma berapa gelintir gitu. Padahal membuatnya gampang banget lo. Keuntungannya kalau kita memasak menu ini di rumah, kita bisa memilih udang yang bagus sekalian, supaya rasanya tambah nikmat, toh tetap saja tidak semahal kalau beli di resto kan. Selain itu, proses kipas-kipas alias bakar-bakarnya jadi kegiatan sendiri untuk anak-anak. Yakin deh mereka tambah semangat yang kipas-kipas dan semangat pula untuk makan.


Langsung aja yuk, ini resep udang bakar madu ala saya

Bahan:
  • udang besar, cuci. lumuri jeruk nipis, kemudian dicuci lagi
  • dengan menggunakan gunting, belah punggung udang. kemudian goreng dalam minyak panas selama bbrp detik untuk mengurangi bau amis.
  • Angkat dan tunggu hingga agak dingin. Tusuk dengan tusuk sate

Bumbu perendam

1 buah bawang bombai, iris halus
2 siung bw putih, keprek dan cincang halus
2 sdm kecap asin
5 sdm saus tiram
3 sdm madu
Garam sedikit saja (karena sudah ada saus tiram dan kecap asin)
1/3 gelas air
2 sdm margarin, cairkan

Cara membuat bumbu perendam
  • Tumis bawang bombai dengan sedikit minyak hingga layu. Kemudian masukkan bawang putih, tumis lagi hingga harum.
  • Masukkan saus tiram, kecap asin dan madu. Masukkan air dan kecilkan api. 
  • Bila sudah mengental, matikan api.  Kemudian masukkan margarin cair.
  • Rendam udang yang sudah ditusuk kedalam bumbu perendam. Sementara itu, nyalakan arang untuk membakar udang
  • Setelah arang siap, bakar udang sambil dioles dengan bumbu perendam hingga matang.






3 comments:

  1. udang bakarnya enak, nyummyy~ jadi laper padahal lg puasa. :3

    ReplyDelete
  2. Wow, sajiannya semewah makanan restoran :)

    ReplyDelete
  3. Udang bakar madu kesukaan meh, makasih resepnya. Mau coba bikin ah

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...