Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Friday, 10 March 2017

Resep Roti Goreng Isi Daging

Resep Roti Goreng Isi Daging. Saat belanja di supermaket dekat rumah dan melewati gerai daging.... ada diskon! Hehehe.... emak2 selalu tertarik dengan diskon. Ya... daging giling sedang diskon. Putar otak sebentar... yups, idenya ingin membuat roti goreng isi daging. Tinggal beli daging, tepung terigu protein tinggi, ragi instant dan margarin. (wah...ini namanya beli seluruh bahan yang dibutuhkan. Mungkin efek udah lama gak bikin kue).

Segera kita mulai aja yuks, resep adonan kulit yang saya buat merupakan 1/3 bagian resep dari majalah judulnya resep roti kumbu pisang yang saya modif dikit agar tidak terlalu manis. Oiya, untuk isian kali ini saya memakai daging giling. Bisa aja diganti sosis, keju atau coklat. Sesuka kita aja. Hehehehe

Bahan isian :
100 gram daging giling sapi
2 siung Bawang putih
3 butir Bawang merah
2 buah tomat segar
Air
Garam
1/2 sdt Gula pasir
1/2 sdt Merica halus
2 sdm Saus tiram
1 sdm Kecap asin
3 sdm Kecap manis





Cara membuat isian:
  • Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bawang putih. Aduk lagi hingga harum.
  • Masukkan daging giling, kecap kecap manis. Aduk hingga air agak menyusut. 
  • Kemudian masukkan seluruh bahan lainnya. 
  • Masak hingga tomat hancur dan air menyusut. Cicipin. Bila udah pas, matikan api dan sisihkan
Bahan membuat kulit:

500gr Terigu Cakra Kembar
100gr Margarin
100gr Gula pasir
11gr Ragi instan
3btr Kuning telur
250ml Air
1gr Garam
Secukupnya Minyak goreng

Kemudian kita buat kulitnya :

  • Masukkan dalam wadah, tepung terigu, ragi, gula pasir. Aduk rata. Masukkan garam dan kuning telur. Aduk rata
  • Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil aduk rata (kalau saya pakai tangan aja biar enak. hihihiii)
  • Setelah tercampur, masukkan margarinnya. Aduk lagi. jangan khawatir kalau agak lembek. uleni terus aja. sambil sekali sekali ditaburi tepung terigu 1 sendok makan. Kemudian banting-banting adonan, hingga kalis. tutup mangkok adonan hingga rapat. (bisa juga ditutup memakai lap bersih). Kali ini saya pakai t*pperwa*e yang ada tutupnya. 
  • Diamkan adonan selama 25 menit hingga mengembang. (Langsung ambil HP, set timer 25 menit. agar ngerumpinya inget waktu. wkwkwk)


  • bila sudah mengembang, kempiskan adonan. potong dan timbang 30 gram.
  • giling adonan dan beri adonan isi. Bentuk sesuka hati, mau lonjong atau bulat terserah kita. 
  • diamkan adonan selama 15 menit.



  • Goreng roti hingga matang (balik cukup sekali saja agar minyak yang terserap tidak terlalu banyak)
  • angkat dan tiriskan.
peringatan: bila roti ini akan disuguhkan untuk acara arisan, mohon membuatnya lebih banyak dari yang dibutuhkan. (Jaga-jaga kalo waktu menggoreng banyak yang kita incip seperti kebiasaanku dan suami. hahahaaa)

** kemarin saya membuat 1/3 bagian dari resep adonan kulit. sedangkan untuk isian, saya membuat 1 bagian resep. Jadinya 14 buah.  
** sisa dari adonan isi yang belum terpakai, jangan dibuang. simpan dulu untuk membuat sandwich besok pagi. (emak.irit.banget.gak.mau.rugi) 


Setelah sukses membuat roti isi daging ini, saya jadi pengen nyobain resep kue bolu dari teman, resepnya simel banget dan pasti jadi katanya. Coba-coba baking deh sekali-kali hehe.

2 comments:

  1. Mau nyobaa ini ah mba.. Makasih yaaa ❤️❤️

    ReplyDelete
  2. sama-sama...... moga berhasil.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...