Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Tuesday, 8 November 2016

Resep Empal Kelem Semarangan

Punya olahan daging andalan, teman? Kalo saya paling suka dengan daging lada hitam, membuatnya gampang dan rasanya enak, serta orang rumah semuanya doyan. Akan tetapi, ada kalanya saya pun mencoba-coba resep yang lain, iya lah ya supaya gak bosen gitu, masak cuma lauk itu lagi itu lagi, ntar gak bisa ikutan masterchef lah #yakali :D

Kebetulan kemarin chat via whatsapp sama teman lama, kalau emak-emak mah pembicaraan gak jauh-jauh dari bahasan anak, rumah, resep dan diskon mall #eh hehe. Nah, sohib saya ini ternyata suaminya asli orang Semarang dan kemarin dia baru nyoba menu khas Semarang gitu. Empal Kelem nama resepnya. Dan katanya lagi ini resep dari Nenek si suami, yah tau dong ya kalau orang jaman dulu pinter banget dalam hal masak-memasak. Resepnya simpel dan sedap. Wah, saya penasaran dong, apa sih bedanya dengan empal yang biasa saya makan kalau jajan itu ya #eh gak pernah bikin gitu jeng ? haha

Pernah bikin tapi karena bumbunya banyak bener, saya ya cukup sekali dua saja bikin empal di rumah #ngikikcantik.

Nah, ketika teman saya cerita bumbunya apa saja kok saya jadi tertarik untuk mencoba, bumbunya simpel dan gak pakai santan pun. Jadi bisa sedikit mengurangi kadar kolesterol dalam masakan. Nah lagi nih, di lemari es masih ada stok daging sisa memasak rendang kemarin lusa. Karena bingung mau masak apa lagi, akhirnya dpt ide memasak empal kelem. Ternyata emang bener gak sesusah yang dibayangkan kok.


Yuks kita intip resepnya

Bahan:
300 gram daging sapi
 air 2 gelas
 1 lembar daun salam
 1  ruas lengkuas
 25 gram gula jawa
Bumbu halus :
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 butir kemiri
1 sdt   ketumbar
1/4 sdt merica bubuk
garam secukupnya

Cara memasak:


  1. Masukkan semua bahan dan bumbu halus ke dalam panci kecil atau wajan. Rebus terus dengan api sedang hingga air menyusut.
  2. Kemudian masukkan daging tersebut ke dalam wadah tahan panas (misalnya stainless steel) dan kemudian masukkan ke panci presto yang sudah diisi sedikit air dan dipasangi saringan. (Prosedurnya sama seperti mengukus)
  3. Nyalakan kompor dengan api besar. tunggu hingga panci presto berdesis dan kecilkan api. masak selama 15 menit
  4. Matikan kompor, dan tunggu hingga tekanan panci habis (ditandai dengan bunyi panci yang berhenti)
  5. Keluarkan daging, bila suka yang kering, masak kembali hingga airnya habis.

Ketika awal matang, saya mencicipi empal kelem ini dengan kuahnya, rasanya segar dan gak eneg, karena jujur saja saya tidak begitu suka dengan makanan bersantan. dan ketika menghangatkan untuk dimakan sore hari, saya hanya menyisakan air sedikit saja di empal kelem ini, dan rasanya pun tak kalah sedap. Setelah itu kepikiran juga bagaimana jika digoreng ya? Wow gurih banget.

Empal ini cuma ditemani sambal danlalapan saja sudah nikmat banget lo, baik dalam bentuk kering mau pun berkuah. dan dapat tambahan info dari teman kalau menu empal kelem ini biasanya merupakan menu andalan jika ada orang yang punya hajat.

Wah, fix deh resep empal kelem jadi menu andalan selanjutnya di rumah saya. Bikinnya gak ribet dan rasanya enak. Dijamin anggota keluarga langsung siap dengan peralatan makan masing-masing kalau sudah masuk waktu makan, gak perlu disuruh-suruh hehe.

Berminat mencoba resep empal kelem ini, temans? Apakah kalian punya menu favorit dari daging juga? Share dong kalau bisa sekalian sama msakannya eh maksud saya resepnya #plak :D

39 comments:

  1. Hmmm.... Sepertinya yummy sekali Mba Esti..

    Udah lama nih ga ubek2 dapur, jd pengin lagi 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii.... ayo Mbak, segera ubek2 lagi. :D

      Delete
  2. Kayaknya enak, mb. Jadi pengin nyobain. :D aku biasanya beli yg udah jadi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mbak... ayo dicobain. Kalo bikin sendiri, bisa jadi banyak. hehehhee

      Delete
  3. Waaah. Enak banget ini kayaknya. Mau coba. :D
    Biasanya empal yang aku tau yang kering aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, dibikin nyemek (aduh bahasanyaa) juga enak.

      Delete
  4. Pingin banget nih mbak. Uenak sepertinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... ayo mbak... praktek juga. :D

      Delete
  5. Pengen bikin tapi belum punya panci presto nya mba. Hm..jadi penasaran rasanya gmn..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak selalu pakai panci presto, Mbak. Cukup dimasak lama aja pakai api kecil sampai dagingnya empuk. Saya pakai panci presto agar hemat gas dan hemat waktu.

      Delete
  6. masih punya stok daging di kulkas, boleh deh dicoba :)

    ReplyDelete
  7. Hemmm.. kayanya enak banget ya Mbak. Tapi gak tau bisa bikinnya enggak. Hehe. Tapi kalo dipresto kayanya bisa, deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa Mbak, cuma tinggal cemplung2 aja sih. :D

      Delete
  8. Kalau ibuku nyebutnya panci presto Mbak. Masak daging apapun kalau pakai panci itu mah pasti dagingnya cepet empuk. Nggak ngabisin gas pula. Maklum gas mulai langka di sini. Xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, itu juga salah satu alasan enaknya pakai panci presto. Irit gas dan irit waktu. Hihihii

      Delete
  9. empal makanan kesukaanku hem nyam nyam nyam

    ReplyDelete
  10. Hemmmmm,,, Pengen Belajat Masak Empal dengan resep di atas..... Yammi....

    ReplyDelete
  11. Boleh dicoba nih resepnya. Baby AE suka empal. Apalagi Asma

    ReplyDelete
  12. Resepnya nyummy banget. Pasti bikin nambah kalo lauknya ini.

    ReplyDelete
  13. Bisa banget nih dicoba agar anak-anak makin lahap

    ReplyDelete
  14. Cocok nih nerapin resep ini kalau pas ada pesanan nasi kotak buat tour. Makasih ya ...

    ReplyDelete
  15. Saya save resepnya ya .... Bisa buat praktik kalau ada keluarga besar ke rumah. :D

    ReplyDelete
  16. Kelihatannya enak banget ya mbak. Gak bikin eneg. Cobain juga ah resepnya.

    ReplyDelete
  17. Cara bikinnya mudah ya .... Jadi pingin cobain resepnya. Apalagi rasanya kalem.

    ReplyDelete
  18. Bisa direkomendasikan resepnya ke Mama Ivon nih :D

    ReplyDelete
  19. Aku biasanya suka eneg kalau makan ginian, sepertinya bisa minta ke istri agar nyobain bikin pakai resep ini.

    ReplyDelete
  20. Wah kayaknya enak Mbak. Terima kasih sharing-nya :)

    ReplyDelete
  21. Waah boleh neh, gampang juga buatnya, bikin ah

    ReplyDelete
  22. Lagi ga bisa makan yang alot-alottt.. huhu..
    Padahal enak nih kayaknya buat dicoba, soalnya saya juga kalau masak daging paling yang lada hitam. Heheh

    ReplyDelete
  23. jadi inget dendeng gepuk buatan alm mamah mertua. tiap mau balik ke rantau pasti dibikinin dendeng gepuk dari bogor buat bekel n stok.
    bedanya, dendeng gepuk buatan mamah agak kering bisa digoreng

    ReplyDelete
  24. Enaknya resepnyaaaaa. Ntar cobain aaaah. Makasi sharingnya maaaak

    ReplyDelete
  25. Aneh deh presto saya ga ada saringannya, jd ga bs ngukus ky di resep ini

    ReplyDelete
  26. pahi2 baca ini jadi ngeceeees :(

    ReplyDelete
  27. mantap dah mba resepnya, mengundang selera makan nih, hehehe

    ReplyDelete
  28. RESEP EMPAL KELEM SEMARANGAN ancen mantep ....saya suka lhooo kebetulan saya wong semarang,,,,

    ReplyDelete
  29. Saya belum pernah merasakanya... jadi penasaran berat ni

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...