Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Tuesday, 30 August 2016

Rendang, Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Masakan khas Indonesia memang berbeda dengan masakan yang berasal dari luar negeri. Cita rasa yang khas, membuat masakan Indonesia banyak dikenal oleh banyak orang. Salah satu masakan Indonesia yang sudah mendunia adalah Rendang. Makanan yang terbuat dari daging sapi yang penuh dengan rempah ini sampai bisa menduduki peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) pada tahun 2011 lalu. 



Sebenarnya, kita bisa belajar dari pembuatan masakan khas Indonesia Rendang ini adalah tentang kesabaran. Proses memasaknya yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, serta bahan dan resepnya, membuat Rendang memiliki banyak keistimewaan tersendiri dibanding resep-resep masakan khas Indonesia lainnya.


Beberapa keistimewaan yang bisa kita pelajari bersama dari Rendang adalah sebagai berikut:

Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami yang digunakan untuk memasak Rendang banyak sekali mengandung manfaat yang mungkin hingga sekarang tidak pernah kita duga. Bumbu-bumbu seperti bawang putih dan jahe serta lengkuas, dikenal sebagai antimikroba, itu juga salah satu alasan mengapa rendang bisa disimpan hingga berhari-hari dan tidak basi.

Sarat Akan makna kebudayaan

Masakan yang berasal dari Sumatera ini ternyata memiliki bahan-bahan yang  memiliki filosofi sendiri. Perlu kamu tahu, di daerah Minangkabau sana, Rendang diwajibkan ada dalam berbagai acara-acara penting seperti penyambutan tamu istimewa, acara pernikahan, khitan serta upacara-upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat setempat.


Jenis dan Variasi Rendang

Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya mengenal rendang yang terbuat dari daging sapi dan masakan tanpa kuah atau kering. Padahal, resep masakan khas Indonesia satu ini memiliki banyak sekali jenis dan variasinya.

Rendang Kering, seperti namanya, rendang kering dimasak dengan bumbu yang basah juga awalnya. Namun, proses memasak yang memakan waktu hingga berjam-jam, membuat semua bumbu terserap oleh daging. Rendang kering ini yang sering digunakan dalam acara-acara tertentu karena di kenal lebih awet dari rendang basah.

Rendang basah, seperti halnya rendang kering, kalio  begitu mereka menyebutnya, membutuhkan waktu yang lebih singkat saat memasaknya. Rendang jenis ini bisa bertahan kurang dari satu minggu, lebih singkat dari rendang kering.

Adapun beberapa variasi rendang yang bisa kita cicipi selain terbuat dari daging sapi diantaranya adalah,

Rendang ayam
Rendang telur
Rendang paru
Rendang ikan tongkol
Rendang suir
Rendang hati

Masing-masing pasti memiliki citarasa yang berbeda ya, namun tetap rendang daginglah paling juara diantaranya.


Dengan banyaknya keistimewaan Rendang sebagai masakan Khas Indonesia, sudah saatnya kita bangga dengan negeri ini, yang memiliki banyak sekali keunikan, dari budaya hingga masakan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...