Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Friday, 17 June 2016

Penyebab Diabetes Melitus

Beberapa hari yang lalu, saya menengok seorang kerabat yang opname di rumah sakit karena sakit DM. Sesampainya di rumah, saya jadi kepikiran tentang DM krn saya masih ada hubungan kerabat dengan dia. So…. Langsung saja saya cari info tentang penyebab diabetes.

DM (Diabetes Melitus) biasa disebut dengan kencing manis merupakan suatu keadaan di mana tubuh kita mengalami gangguan dalam memanage/mengatur kadar gula dalam darah. Sehingga kadar gula dalam darah kita menjadi berlebihan melampai kebutuhan tubuh akhirnya menyebabkan kekacauan system organ tubuh yang lainnya.

Ada 3 jenis DM yaitu Diabetes tipe 1; Diabetes tipe 2 dan Diabetes Gestasional. Masing-masing tipe Diabetes memiliki penyebab yang berbeda-beda.





Diabetes tipe 1
Diabetes tipe ini diduga disebabkan oleh
1 Faktor genetic atau faktor keturunan. Walaupun tidak semua keturunan penderita DM akan mengalami DM, tapi keturunannya akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mengidap DM.
2 Infeksi virus diduga sebagai pencetus gangguan system imun yang kemudian lambat laun akan mengganggu fungsi pankreas pada penderita.

Diabetes tipe 2
1. Kegemukan atau obesitas. Obesitas ternyata juga salah satu pencetus DM tipe 2. Orang gemuk pasti memiliki kelebihan lemak dalam tubuhnya. Lemak tersebut akan menyebabkan resistensi insulin yg berakibat berkurangnya fungsi dalam mengatur kadar gula darah. Atau dengan kata lain, hormon kita sibuk mengatasi kelebihan lemak sehingga program lainnya terbengkalai. Hehheee
2. Life style atau gaya hidup. Diabetes tipe 2 juga dapat terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat misalnya sering mengkonsumsi soft drink, lemak, dan makanan berkalori tinggi ditambah lagi dengan kebiasaan merokok, jarang berolahraga dan mengkonsumsi alkohol. (wah…… sepertinya ini yg sering kita alami. Hehehe)

Diabetes gestasional
Diabetes tipe ini dialami selama kehamilan. Pada saat hamil, terjadi perubahan hormon pada bumil yang menyebabkan resistensi insulin sehingga kadar gula pada ibu hamil menjadi tinggi. Hal ini akan mengganggu kesehatan ibu dan bayinya.

Semoga kita terhindar dari penyakit DM karena penyakit ini  merupakan penyakit kronis (lama sembuhnya). Ayo kita melakukan pola hidup sehat yaitu makan makanan yang sehat, olahraga , menghindari makan makanan manis, menurunkan berat badan (aduh…. Susah. Tapi pasti bisa!!!)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...