Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Tuesday, 30 June 2015

Resep Sambel Penyet Kaki Lima



Resep Sambel Penyet Kaki Lima. Pasti pernah kan ya jajan penyetan di kaki lima? Eh, kalau belum pernah ya silakan jajan lo ya hehe Saya termasuk suka beli penyet, sambelnya itu lo, maknyus bener. Etapi demi mengingat kesehatan jadi jarang beli sekarang. Iya, kalau penyet itu kan menunya serba goreng, agak ngeri euy liat minyaknya, entah berapa kali pakai itu huhuhu. Mau beli sambelnya doang yo gak lucu dong hihihi

Demi memenuhi hasrat akan sambel penyet kaki lima *halah bahasane :D Saya mencoba membuat sambel penyet sendiri di rumah. Wah, ternyata endes juga lho. Masak sendiri dipuji sendiri *ya iya lah :P

Yuk, cus segera menuju resepnya

Bahan:
5 siung bawang merah, iris tipis, goreng hingga krispi
5 siung bawang putih, iris tipis, goreng hingga krispi
10 bh cabai keriting merah, goreng hingga layu.
5 buah cabai rawit setan, goreng sebentar saja. hanya sekedar melayukan saja
2 buah tomat. goreng hingga layu. (jangan dipotong potong, biarkan utuh agar juicy)
1 sdm terasi goreng 3 sdm gula pasir 1 sdt garam

Cara membuat:
Uleg bawang putih, bawang merah dan terasi, tambahkan cabai, gula dan garam setelah halus, tambahkan tomat, uleg lagi hingga halus.
Bila ingin praktis, buatlah dalam jumlah banyak, bagi dalam beberapa kantong plastik, bekukan.
Jadi gak usah repot nguleg terus :D saat ingin menikmati, defrostkan sambal beku, dan tumis dengan sedikit minyak atau masukkan saja ke dalam magic com.
Bila suka, beri tetesan air jeruk sambal, plus 1 sdm kecap raja rasa.

NB: sambal beku bisa tahan 2 minggu.

Selamat menikmati sambal penyet buatan sendiri ya ^_^

8 comments:

  1. Kaki lima tempatnya tapi rasanyaaaa..ho nendang banget.

    ReplyDelete
  2. Kaki lima tempatnya tapi rasanyaaaa..ho nendang banget.

    ReplyDelete
  3. Kalo bs uleknya singkirin mbak. Kalo hidangin sambel gitu hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iki podo mbek pesene ibukku. haha

      Delete
  4. Aku senang bikin sambel gini mbak. 1/2 kg sekalian. hihi.... enak & praktis sih. cuma ngulegnya itu loh yang maleeeessss...... hahahaha... jadi ya cukup sebulan 2x kalo lagi sempat. Waktu blender belum rusak ya bisa bikin sekilo sekalian.

    ReplyDelete
  5. Sambelnya mantep mbak.
    AKu kalo bikin sambel, kugodog bahannya. Ntar aku coba versi goreng ah... kelihatannya lebih enak ya

    ReplyDelete
  6. wah seger banget iku,trim mbak cara2 nya..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...