Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Thursday, 26 September 2013

Resep Tongseng Kambing

Resep Tongseng Kambing. Sebentar lagi Lebaran Haji nih, pasti dong ya mulai hunting resep masakan yang berbau daging, baik daging sapi mau pun daging kambing. Walau pun banyak yang suka dengan kelezatan daging kambing, ada beberapa yang tidak suka juga lo. Alasannya sih beragam, mulai dari baunya, atau membayangkan kambingnya wkwkwk. Etapi, kadar kolesterol yang tinggi pada si mbek ini yang membuat banyak orang menghindarinya.

Kalau saya sih doyan-doyan saja. Termasuk omnivora sejati sih hehe. Biasanya kalau dapat daging segar, langsung diolah menu sate. Karena daging segar emang nyuus banget untu masakan sate. Nah, kalau masih bersisa dan masuk kulkas, biasanya saya suka membuat tongseng kambing

Bahan :500 gram daging paha kambing, rebus 1/2 matang
5 lembar daun salam, untuk merebus daging
3 cm jahe, memarkan, untuk merebus daging
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa
3 cm ibu jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
kol putih, potong 2 cm
2 batang daun bawang, potong kasar
1 buah tomat merah, potong
5 buah cabai rawit merah, potong-potong
3 sdm kecap manis
4 buah bawang merah, iris tipis
4 sdm minyak untuk menumis
air secukupnya
Pelengkap:bawang merah goreng
Bumbu Halus:4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
1 sdt merica
4 buah kemiri, sangrai
3 cm kunyit, bakar
1 sdm gula pasir
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
garam secukupnya
Cara Pengolahan :
  1. Rebus daging kambing, 2 lembar daun salam, jahe dan air sampai lunak.
  2. Angkat dan buang airnya. Potong-potong.
  3. Tumis bawang merah, bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, bawang merah, cabai rawit merah, serai sampai harum dan matang betul.
  4. Masukkan daging kambing, kecap manis dan santan, didihkan sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah sampai semua bumbu meresap dalam daging.
  5. Tambahkan kol, daun bawang, tomat, dan potongan cabai.
  6. Sajikan hangat.

Dapat resep tongseng kambing ini dari sajian sedap, dengan modifikasi di sana-sini tentu saja.


Saya dapat cara dari seorang teman cara menyimpan daging kambing dan daging sapi. Katanya sih, ketika akan mengolah lebih baik tidak dicuci pake air, jadi langsung dibumbui saja. Sedangkan bila akan menyimpan di  freezer pun sama saja, daging tidak perlu dicuci pakai air. Jadi ditunggu saja sampaii darahnya keluar baru dimasukkan wadah kedap udara, dan taruh di freezer.

Kata si teman lagi, cara orang Arab memasak kambing itu tidak dengan air. Itulah mengapa kasus kolesterol tidak ditemukan di sana. Hmm...kalau menu kita kan pakai air ya bok, apalagi sukanya pakai santan-santan gitu. 

Mungkin ada yang tahu kebenaran dari perkataan teman saya tersebut?

4 comments:

  1. Seperti yang dijelaskan Pak Budi, pemilik Sate Goreng Kambing Pak Budi, biar enak dan nggak bau prengus, daging kambing sebaiknya memang tidak dicuci. Dan, biar lunak, direndam pakai parutan nanas muda selama 5-10 menit :)
    gitu katanya, saya sendiri belum coba.

    ReplyDelete
  2. Aihh mantaap...tongseng kambing! Kalo saya biasanya pas lebaran haji keburu abis disate, suka ga kebagian buat dibikin tongseng :P

    ReplyDelete
  3. wah,tongsueng,,berasa lebaran haji besok hehehe

    ReplyDelete
  4. wah dapet resep tongseng disini...mau coba bikin..seumur2 blm pernah bikin tongseng sendiri hehehe..
    trimakasih resepnya mb :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...