Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Wednesday, 3 July 2013

Resep Kaldu Jamur Untuk Vegetarian

Ketika kita mendengar kata kaldu, maka yang terbayang pasti kaldu yang mengandung ayam atau daging. Saya pun demikian. Ketika daging mahal seperti saat ini, maka kita beralih ke kaldu ayam. Etapi, kok saya agak takut ya memakai daging ayam pedaging. Mendengar kalau ayam-ayam itu disuntik hormon dan sejenisnya, jadi ragu-ragu. Mau memakai daging ayam kampung, susah carinya harus pesen dulu. jadi selama ini saya jarang banget memakai kaldu sebagai campuran masak. Termasuk kaldu instan yang dijual di swalayan. Gak tahu ya, namanya instan, gak tahu mengandung apa saja di dalamnya. 

Jamur Shitake kering
Ketika lagi klak-klik-klak-klik (baca: buka internet), gak sengaja dapat resep kaldu jamur dari resepkita.com. Caranya mudah. Setelah lihat harga bahan-bahannya di supermaket, wow ternyata murih (saking murahnya hehe). Cucok la bo. Mencoba bikin kemudian langsung uji coba untuk masakan mie rebus. Hmmm...enyak. Gak kalah deh sama kaldu daging. Kan jamur kalo diolah ada aroma dagingnya gitu (apa cuma perasaan aja yak)

Bahan:
3 buah jamur shitake kering, cuci dan potong-potong
2 jamur champignon, cuci dan potong-potong
6 buah jamur merang, cuci dan potong-potong
50 gr bawang bombay
600 ml air
minyak sayur/zaitu/sawit secukupnya 
Cara membuatnya, sebagai berikut:

a) panaskan wajan utk menumis bawang bombay hingga harum, masukan jamur shitake hingga beraroma khas.
b) masukan jamur merang dan champignon, tumis hingga layu.
c) panaskan air dlm panci dgn api kecil,
d) masukan tumisan jamur & bawang bombay dlm panci berisi air
e) rebus dgn api kecil hingga kira2 tinggal 400 ml.
f) saat air rebusan sudah menyusut angkat jamur dan kaldu siap digunakan.

Kaldu jamur tak kalah gurih dgn kaldu daging. Bisa dijadikan tambahan membuat mie, nasi goreng, sup dan sebagainya, bahkan saya pernah mencoba membuat bacem tahu pakai ini, enak lho. Yuk coba buat kaldu jamur 

Semoga bermanfaat ^^

16 comments:

  1. Wah jadi pengen coba nih....makasi sharingnya mbak

    ReplyDelete
  2. Foto buat masakan yang udah matengnya ada ndak, Mak? wkwk, biar makin ngiler. :D

    ReplyDelete
  3. beneran lebih enak dripada kaldu ayam? T___T
    itu yang dipake jamurnya yang kering gitu? hehehe banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama enaknya Mbak :)
      Jamurnya dicucu dulu, kalo masih keras direndam sebentar :)

      Delete
  4. baru tau nih ada kaldu koq dari jamur *lha wong ra tau masak :)

    ReplyDelete
  5. wah mbak, aku malah baru tahu lho kaldu jamur ini, lumayan sering numis champignon , makasih resepnya mbak :)

    ReplyDelete
  6. saya ini penggemanr jamur...jadi resepnya saya catat dulu ya :-)

    ReplyDelete
  7. waa...baru tau klo ada kaldu dari jamur...bagus nih...secara saya ga boleh makan yang ada msg nya...contek resepnya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. MSG emang gak bagus buat kesehatan ya Mak :)

      Delete
    2. Mak...saat bikin kaldu jamurnya tuh...kan tahap terakhir diangkat jamurnya....airnya jd kaldu...klo jamurnya diapain tuh mak?

      Delete
    3. Biasanya sih jamurnya kubuat campuran mie rebus atau mie goreng, tapi klo dibuang juga gak masalah, kan udah gak ada sarinya Mak :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...