Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Wednesday, 10 July 2013

Resep Bitterballen


Nengok ke dalam kulkas, masih ada sisa sup ayam kemarin malam. Daging ayamnya masih banyak. Kalau mau disajikan lagi, biasanya gak ada yang makan. Mending diolah jadi makanan yang lain. Pasti laku.
Akhirnya saya buat bitterbollen aja (eh..yang bener bitterballen apa bitterbollen ya? Hehehee) 


Bahan bahannya:
daging ayam rebus, suwir suwir alus
5 sdm penuh tepung terigu
2 sdm susu bubuk dicampur dengan 1 gelas air
2 sdm keju parut (bila ada)
5 sdm margarine
3 butir bawang merah uleg
¼ buah bawang bombai, cincang
Garam, merica bubuk, gula
Cara membuat :
-  Tumis bawang Bombay dengan margarine, masukkan bawang merah. Bila sudah harum, masukkan tepung terigu. Aduk terus dengan api sedang.
-  Masukkan susu, garam, gula. Aduk terus sampai adonan menyatu dan adonan tidak berasa tepung mentah (gimana cara menjelaskannya ya… pokoknya udah gak berasa tepung deh. Hehehee)
-   Masukkan ayam suwir dan keju. Aduk terus.
-  Incipin rasanya. Bila udah pas, matikan api. Tunggu hingga adonan tidak panas lagi. (dalam tahap ini, adonan ini harus lembut, tapi cukup keras untuk dibuat bulatan)
-  Bulatkan adonan, masukkan ke dalam adonan pencelup (tepung terigu 1 sdm + 1 gelas air, aduk)
-   Masukkan ke dalam mangkuk yang berisi tepung panir.
-   Masukkan ke dalam lemari es
-   Bila ingin menyantapnya, goreng dulu dengan api sedang.
(untuk 15 buah)

Nb :
-  Bitterballen ini texturnya lembut di dalam, renyah di luar. Saya pakai tepung panir yang kasar.
-   Cemilan bisa disimpan dalam freezer untuk beberapa hari. Jadi kapanpun kita ingin menyantapnya, tinggal goreng stok di dalam lemari es. Praktis kan…..

18 comments:

  1. woo gampang ya,,makacih resepnya

    ReplyDelete
  2. Cobain ahh... Makasih Mbak resep nya. Skr kl bingung mo masak apa tgl buka blogmu deh ;-)

    ReplyDelete
  3. Mbak Esti hobi masak ya hehe...makasi resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya hobi makan *gubrak haha
      Sama2 mbak :)

      Delete
  4. Baru ngeh dengan hobi masaknya mbak Esti

    ReplyDelete
  5. nyam nyam.... udah gak sabar nunggu buka ni (^__^

    ReplyDelete
  6. aduh sayang aku gak bisa masak hehe

    ReplyDelete
  7. Yang betul bitterballen, Mbak Esti. Resep ini asalnya dari negeri Belanda. Itu yang saya tahu. Isinya bisa daging sapi giling dan ragout sayuran, atau sesuai selera klita.

    Mungkin dinamakan bitterballen karena bentuknya bulat-bulat seperti bola.

    Senang berkunjung ke blog Mbak yang baru ini. Saya sempat baca beberapa resepnya lho Mbak.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aq langsung gugle, eh yg bener bitterballen
      Makasi ya Mbak, udah berkunjung :)

      Delete
  8. makasih mbak untuk resepnya
    yumi-yumi..........makan yuks

    ReplyDelete
  9. bisa di tiru neh, klo ada sisa ayam kemaren hikhikhik...

    ReplyDelete
  10. wah, ibu hebring nih, bisa mendaurulang makanan :-)

    ReplyDelete
  11. wah, asyiknya. bisa tahan dimasukin freezer lagi. ntar kapan2 cobain deh, mba. makasih resepnya, mba esti ^^

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...