Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Saturday, 22 June 2013

Resep Pisang Goreng Selimut

Saya suka banget pisang. Buah murah meriah, bergizi, dan mengenyangkan. Sayangnya Mas Budhi gak suka pisang. Setahu saya sih, waktu masih pendidikan dulu setiap hari buah di asrama adalah pisang. Mungkin mblenger (bosen banget) kali ya. Dulu sih sempet heran, masak segitunya gak suka pisang, eh ternyata waktu di Hitam Putih si Uya Kuya juga kagak suka pisang lo *fakta gak penting qiqiqi.

Jadi, supaya Mas Budhi juga mau makan pisang, si pisang ini harus diolah dulu. Bagaimana dengan pisang goreng? Suami suka tuh, tapi kalo masih bentuk pisang, tetep dong ya agak-agak gimana gitu makannya. Kalau mau goreng pisang ya pisang harus dipotong kecil-kecil dulu, biar gak bentuk pisang haha.

Ah, gak asik dong ya kalo makan pisgor yang begitu-begitu aja. Emang pisgor bisa diapain lagi yah? Saya gak tahu dapat resep ini dari mana. Seingat saya sih ini pisang goreng ala Filipina gitu. Caranya gampang lo. Kita namain aja pisang goring selimut yak. Yuk, dikulik resepnya:



Bahan :
10 buah pisang raja/kepok
10 lembar kulit lumpia ukuran sedang/besar
1 butir telur (kocok)
Gula pasir secukupnya
Gula aren/palm sugar secukupnya
Minyak goreng secukupnya 
Caranya :
1.Taruh pisang ditengah-tengah kulit lumpia.
2.Taburi gula pasir dan gula aren secukupnya di atas pisang
3.Gulung/selimuti pisang dengan kulit lumpia (seperti menggulung lumpia gitu)
4.Rekatkan pinggir kulit dengan kocokan telur
5.Goreng di dalam minyak panas dengan api kecil. Harus hati-hati menggorengnya, karena mengandung gula jadi cepet gosong.


Hasilnya hampir sama dengan pisang karamel, tapi membuatnya lebih simple kan? Perpaduan gula pasir dan aren menghasilkan rasa yang wah loh. Kulit lumpianya gurih dan krenyes-krenyes. Enak deh pokoknya. Dan yang penting suami suka hehe. Silakan mencoba ya ^_^

24 comments:

  1. enak tuh ya mbak
    hohoho
    jadi ngiler :Q

    ReplyDelete
  2. Wah,gamapang ya buatnya, pengin coba nih.makasih sharingnya

    ReplyDelete
  3. keliatannya gampang, pengen nyoba tp lg gak dirumah :(

    ReplyDelete
  4. Ngefans sama Uya Kuya apa, Mba. Hihihi
    Saya jg begituuuh, hobi makan pisang. . .

    Tapi, setelah harga pisang naik, ibu peri belinya seminggu sekali. :D

    http://idahceris.wordpress.com/2013/03/22/harga-pisang-pun-naik/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas kagak dung
      Wah tos deh qta
      Heeh ki kok tambah mihil ya :(

      Delete
  5. saya pernah rasa mbak, rasanya enak banget,,, serius,, kayaknya mudah nih buatnya... resep lumpia nya sendri itu apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 saya aplot cara buat kulit lumpianya ya Mas :)

      Delete
  6. Kayaknya enak..
    blog untuk bacaan istri nih
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak Mas, istrinya disuruh masak saja :)

      Delete
  7. Kalau di Bandung namanya pisang Aroma, Mbak Esti. Cukup mudah memang membuatnya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang aroma ya namanya, baru tahu saya Teh
      Makasi atas pemberitahuannya ya :)

      Delete
  8. Mirip-mirip pisang aroma ya Bun, emang gampang sih bikinnya dengan catatatan kulit lumpianya beli yang udah jadi. Kalau mesti bikin sendiri kulit lumpianya, lain lagi ceritanya, hihihi :D

    http://diaryinspirasi.blogspot.com/2013/06/cara-membuat-pisang-aroma.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha klo buat sendiri kulit lumpianya bisa seharian ya :)

      Delete
  9. Kalau ditambah meses dalamnya jadi piscok deh mbak. Makan anget2, sedepp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Budhi kemarin minta ditambah meses Bun, tapi kok kayaknya jadi manis banget yak :)

      Delete
  10. wah ... sdh lama aku nyari resep pisang yg pakai kulit lumpia mbak, nemu di atas, pengen nyoba kalau ngak dikasih tambahan gula, krn ngak suka yg manis manis, makasih resepnya mbak :)

    ReplyDelete
  11. whahaha belum pernah goreng pisang dikasih kulit lumpia tapi over all saya suka pisang dan semua jenis olahannya.. terkecuali anak saya gak tahu tuh kecil-kecil koq udah g doyan pisang :D

    ReplyDelete
  12. kapan2 mau coba buat juga aah, makasih ya Mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...