Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Sunday, 24 March 2013

Tiga Bahan Makanan yang Dikukus Sebelum Diolah


Saya selalu mengukus tiga bahan ini sebelum diolah menjadi masakan. Alasannya tentu saja untuk kesehatan, karena di tiga bahan makanan ini cukup banyak mengandung bahan-bahan kimia atau pengawet ketika pembuatan/pengolahannya. Ini nih tiga bahan masakan tersebut:


1. Tahu

Tahu biasanya berbau tidak enak ketika baru dibeli. Dengan dikukus terlebih dahulu, baunya bisa hilang. Tahu lebih kenyal dan lebih tahan lama jika setelah dingin dan dimasukan di kulkas. Tahu yang saya kukus, tidak hanya sebatas tahu putih saja, tetapi juga termasuk tahu kuning dan tahu bakso.

2. Ayam

Sudah banyak yang tahu kan kalau ayam potong banyak mengandung hormon yang kurang baik bagi kesehatan. Yang pernah saya dengar, ayam-ayam tersebut disuntik hormon ketika masa pertumbuhannya, sehingga hanya dalam tiga bulan ayam-ayam tersebut sudah dapat dipasarkan. Ih,kan ngeri, yak. Sedangkan untuk membeli ayam kampung, mihil, bok, harganya. Bisa bangkrut kalau setiap mau makan ayamharus beli ayam kampung.

Untuk meminimalisir efek obat yang ada di ayam, lebih baik ayam dikukus terlebih dahulu. Ayam disini termasuk jeroan juga, ya, seperti rempela ati, jantung, dan usus ayam. Setelah dikukus, rasanya beda lo. Lebih enak menurut saya ketika dimasak daripada ayam yang tidak dikukus terlebih dahulu.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji disini maksud saya adalah makanan kemasan yang sudah dibumbui , seperti nugget, crispy wing dalam kemasan, dan sejenisnya. Rasanya agak berbeda,karena dengan dikukus, sebagian bumbunya pasti luruh. Bahan makanan ini bisa dikasi bumbu tambahan dikit baru kemudian diolah.

Makanan yang disajikan untuk keluarga, tidak hanya rasa saja yang diperhatikan, bukan? Akan tetapi, para bunda juga harus memperhatikan keamanan akan makanan tersebut.

Semoga bermanfaat.


Untuk Tiga Sahabat Blogger yang sedang berbahagia, saya persembahkan tiga tulisan di tiga blog berbeda di hari ketiga pelaksanaan Giveaway tentang Tiga ini.

"POSTINGAN PENUH RASA SYUKUR INI UNTUK MEMERIAHKAN SYUKURAN RAME RAME MAMA CALVINLITTLE DIJA DAN ACACICU"




5 comments:

  1. aku sering mbak bikin tahu kukus yang dicampur telur dan sayuran yang dicincang halus. Kadang langsung dimakan setelah dikukus kadang aku goreng lagi :)
    Makasih ya mbak udah ikutan 2 nih

    ReplyDelete
  2. oooh.... ayamnya dikukus yaa...
    selama ini aku rebus sih
    lebih baik dikukus ya??

    terima kasih infonya Mbak...
    terima kasih juga susah memriahkan acara syukuran rame rame

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dija taunya cuman makan aja Tante
    hehehheee

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas partisipasinya di acara sederhana bertajuk SYUKURAN RAME-RAME.

    Penjuriannya sederhana saja, terdiri atas tiga tahap:

    1. Kesesuaian dengan tema (dan memenuhi persyaratan GA)
    2. Diksi dan penulisan
    3. Imajinasi (sudut pandang, dll)

    Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 1 April 2013

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...