Laman

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Kontak
  • Kuliner Semarang
  • Daftar Isi

Saturday, 2 February 2013

Resep Ikan Patikoli Asam Pedas



Ikan Patikoli termasuk ikan laut dalam. Itu sih yang saya tahu dari mbah guggle hehe. Habis penasaran aja, kenapa ikan ini jarang ditemui di Semarang. Ternyata ikan ini memang hanya ada di perairan Karimun Jawa, Jepara. Dan kebetulan kemarin saya liat ada ikan ini di tukang ikan langganan. Langsung deh beli. Daripada harus jauh-jauh ke Jepara hanya untuk menikmati ikan ini, lebih baik membuat sendiri di rumah.

Biasanya kalau di Jepara dibuat masakan pindang serani. Seger deh. Daging ikan yang kenyal tapi lembut, memang cocok untuk dimasak seperti itu. Kali ini saya ingin memasak versi lain. Kira-kira kalau dimasak Asam Pedas enak gak ya? Ternyata enak lo. Gak kalah seger sama masakan pindang serani. Yuk ah mariiii..

Bahan-bahan:
1. Ikan Patikoli 500 gram
2. Air jeruk nipis
3. Jahe 1 cm
4. Lengkuas 1 cm
5. Sereh 1 batang dikeprek
6. Daun jeruk purut 3 lembar
7. Asam Jawa secukupnya
8. Gula Jawa
9. Tomat 1 buah
10. Minyak Goreng
Bumbu Halus:
1. Bawang putih 4 siung
2. Bawang merah 5 siung
3. Cabe merah sesuai selera

Cara membuat:
1. Ikan dipotong-potong sesuai selera, dikeceri air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya
2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan jahe, lengkuas, sereh, asam jawa dan daun jeruk. Tuang air, biarkan hingga mendidih.
3. Masukkan ikan dan tambahkan tomat. Tunggu hingga ikan matang. Angkat.

Untuk 4 porsi.
Catatan: ikan patikoli bisa diganti dengan ikan tongkol atau ikan bandeng

1 comment:

  1. heeemmm.... kelihatannya emang enggak ada di daerahku ikan ini mbak...
    btw... saran untuk foto makanan enggak bagus kalau moto dari atas,, mending ambil dari sisi samping yang menampaknya sayur disisinya... belakang piring bisa dikasih sesuatu kayak lap atau gelas yang biasanya dibuat kabur itu :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...